Bagian-Bagian Penting Pada Kemeja


Ada beberpa bagian penting pada kemeja yang harus kamu ketahui sebelum kamu membeli sebuah kemeja supaya nantinya kamu dapat menentukan ukuran yang tepat. Jika sebelumnya kita telah mebahas tentang bagaimana cara menentukan ukuran kemeja. Nah dalam postingan kali ini kita kan mebahas kelanjutanya yaitu bagian-bagian penting pada kemeja. Artikel kali ini akan sangat mebantu buat kamu yang suka banget pada kemeja tapi masih awam tentang hal yang berhubungan dengan kemeja.

Inilah Bagian-Bagian Penting Pada Kemeja Yang Harus Kamu Ketahui

Salah satu pakaian terpafvorit bagi pria dalah kemeja.Jenis pakain ini bisa ditemukan di setiap lemari pakaian baik itu kemeja pendek atau kemeja panjang, formal ataupun kasual. Nah maka dari itu maka perlu kamu ketahui bahwa kemeja itu ada beberapa jenis termasuk bagian beserta fungsinya. Pada dasarnya kemeja terbagi dua jenis yaitu Kemeja Formal/Dress Sirt kemeja yang dipakai untuk acara-acara resmi atau formal. Kemeja formal biasanya dipakai bersama jas atau blazer serta dasi. Kemeja Kasual/Casual Shirt yaitu kemeja yuang digunakan untuk mendukung acara santai, sporty dan tidak terlalu santai. Dengan seiring semakin berkembangya dunia fashion model sama bahan kemeja juga semakin banyak.

Kembali pada topik utama yaitu bagian-bagian pada kemeja. Pada umumnya bagian-bagian kemeja bisa kamuketahui pada gambar dibawah ini.

Bagaian Terpenting Pada Kemeja Yang Harus Kamu Ketahui

http: //fashionpria.com

Kerah Kemeja

Bagaian Terpenting Pada Kemeja,

theidleman.com

Kerah merupakan bagian terpenting pada sebuah kemeja. Kerah berfungsi untuk memperindah serta memberi kenyamanan pada pemakainnya. Ada beberapa jenis tipe kerah yaitu: pointed collar, button down collar, spread collar, pin collar dan tab collar.

Lengan Kemeja

Lengan kemeja merpakan bagian kemeja yang cukup rumit dalam proses menjahitnya. Dengan demikian sebagian orang sering kesulitan dalam mendapatkan kemeja yang sesuai dengan bentuk tubuhnya. enis kemeja lengan pendek sanat sesuai untuk dikenakan pada acara casual sementara kemeja lengan panjang lebih identik dengan acara formal. Kemeja berlengan pendek itu berarti di kenakan untuk acara casual. Walaupun setiap kemeja lengan panjang belum tentu untuk acara formal.

Cuff Kemeja

Bagaian Terpenting Pada Kemeja1

Cuff pada kemeja merupakan bagian sambungan diabawah sleeve yang berbentuk melingkar di sekitar pergelangan tangan dan biasa diberi kancing. Meski bentuknya kecil, bagian ini akan akan sedikit terlihat ketika dipadukan dengan pemakaian jas atau jaket untuk acara resmi atau formal. Dalam memilih kemeja pastikan ukuran cuff yang anda pilih memiliki panjang antara satu sampai 1,5 inchi dari ukuran jas atau jaket yan dikenakan.

Placket Kemeja

Placket merupakan bagian kemeja yang terletak di bagian depan dengan bentuk memanjang secara vertikal dan dapat difungsikan sebagai patokan untuk penempatan kancing serta lubang kancing pada kemeja. Umumnya bagian ini dapat dijumpai pada berbagai kemeja formal maupun kemeja casual.

Sleeve Placket

Sleeve placket merupakan pola memanjang vertikal yang terletak di atas cuff. Seperti halnya membuat lengan penyelesaian pada bagian ini juga memiliki tinkat kerumitan yang tinggi, maka dari itu dalam memilih kemeja pastikan bagian ini tidak menggelembung ketika kancingnya dikaitkan.

Yoke

Yoke merupakan pola jahitan berupa garis jahitan memanjang horizontal yang terletak pada bagian di bawah collar (kerah). Bagian ini berfungsi untuk menutupi tulang bahu dan menghubungkan jahitan bagian depan dengan bagian belakang pada sebuah kemeja. Terdapat dua model yoke, yaitu one piece yoke dan two piece yoke, namun yang biasa digunakan untuk menjahit kemeja formal yaitu jenis one piece yoke.

Pleat Kemeja

Pleat merupakan bagian kemeja yang terletak dibagian belakang punggung. Fungsi dari bagian ini adalah untuk menyamarkan dan menyesuaikan postur punggung pemakainya yang tidak rata. Terdapat dua macam pleat yang dapat dijumpai pada kemeja pria diantaranya box pleat, side pleat namun beberapa didesain tanpa pleat.

Saku Kemeja

Bagian yang tidak kalah penting dari sebuah kemeja adalah saku. Selain berfungsi untuk menyimpan atau menempatkan sebuah benda berharga, keberadaan saku memiliki peran cukup penting untuk membuat sebuah kemeja tampak lebih indah. Oleh karenanya bagian ini juga dapat dibuat dengan berbagai variasi. Bagian ini biasanya di buat dengan berbagai tipe seperti one piece dan two piece.