Lihat Semua Produk
Happy Shopping!

Cara Menentukan Ukuran Kemeja


Salah satu hal ternpenting sebelum kamu membeli atau membuat kemeja adalah memnentukan ukuran yang pas dengan tubuh kita. Jangan terlalu kecil karena kan sangat tidak nyaman ketka dipakai sebalinya jika terlalu besar juga akan tampak anaeh jika digunakan apalagi jika kamu memiliki tubuh yang kecil. Lalu bagaimanak cara memnetukan ukuran kemeja yang pas dan cocok dengan tubuh kita?

Segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Akan tetapi kita selalu bingung dan mengalami kesulitan dalam memilih ukuran kemeja. Memilih ukuran kemeja juga sama sulitnya dengan memilih corak warna model dan model. Semua model dari berbagai merek telah kamu coba dibeberpa toko akan tetapi kamu belum menemukan ukuran yang pas dengan tubuh mu. Hal ini tentu akan banyak menguras tenaga dan membuat kita pusing. Jika kamu memiliki masalah kesulitan dalam memilih ukuran kemeja jangan khawatir karena pada umumnya para pria mengenakan kemeja dengan satu atau dua ukuran di atas ukuran semestinya. Tanpa kamu sadari hal tersebut dapat membuat penampilan kamu menjadi lurang profesional.

Ukuran kemeja yang tepat adalah kemeja yang nyaman ketika digunakan dalam situasi apapun bahkan pada saat kamu katif bergerak tapi masih memperlihatkan bentuk tubuh. Hal ini sering kali disebut dengan istilah Fit. Ada beberpa macam jei Fit yaitu Slim Fit atau Muscle Fit, namun hal tersebut tidak akan dibahas dalam postingan kali ini.

Kemeja yang pas dibadan bukanlah kemeja yang sempit atau ketat sehingga mebuat kamu terlihat begitu kecil. Untuk menentukan ukuran kemeja yang pas kamu harus memperhatikan ukuran setiap bagian kemeja yang nantinya kan kamu pakai. Akan cukup sulit memang namun penjelaan dibawah perlu kamu ketahui untuk mempermudah kamu dalm memili ukuran kemeja.

Hal yang paling mendasar kemeja fit dapat ditentukan dengan membuat sendiri ke penjahit langganan tentunya dengan merogoh kocek yang cukup besar jika dibandingkan dengan membeli kemeja yang sudah jadi. Jika tidak ada tukang jahit didaerah mu, kamu bisa memesan kemeja custom secara online. Sekarang telah banyak toko online yang menyediakan jasa pembuatan kemeja secara onlin atau yang lebih dikenal dengan sebutan free oreder. Namunjika kamu terpaksa harus membeli kemeja baik secra offline atau secara online maka kamu harus perhatikan beberapa hal dibawah ini.

1. Bagian Kerah

Sesuaikan kerah sesuai dengan bentuk tubuh kamu. pilihlah model yang pas baik saat dikancingkan atau tidak, kemudian coba masukan jari kamu kamu ke dalam kerah, apabila jari kamu masuk itu tandanya ukuran yang tepat.

Bagaimana Cara Menentukan Ukuran Kemeja1

Ilustrasi oleh realmanrealstyle.com

2. Bagian Bahu

Perhatikan juga pada bagianini. Pastikan jahitan kemje pada bahu melekat tepat di ujung bahu mu.Apabila jahitan kemeja pada bahu jatuh ketangan bagian atas itu artinya kemeja yang anda pilih terlalu besar, begitupun sebaliknya.Jenis ukuran ini disebut dengan Ukuran Armhole. Jenis ukuran ini harus tepat. Pada bagian lengan harus tersa nyaman saat digerakan. Adanya lpatan berarti terlalu kecil artinya kemeja yang kebesaran akan meninggalkan sisa bahan dibawah ketiak.

Bagaimana Cara Menentukan Ukuran Kemeja2

Ilustrasi oleh realmanrealstyle.com

3. Bagian Dada

Seperti telah kita ketahui di awal, pada bagian dada juga harus melekat tepat di tubuh dengan kancing yang rapih dan placket yang rata. Jika ukuran terlalu besar maka kan terlihat seperti balon pada bagian perut saat kemeja dimasukan. Ketika kamu sedang bergerak pastika kemejaketarik dengan nyaman pada bagian dada. Raskanlah apakah kemeja cukup longgar atau tidak? Cobalah dengan mengatur nafas, tarik dan hembuskan nafas secara alami untuk melihat kemeja longgar atau tidak. Pada pengecekan ini pastikan kedua kaki mu tegak ketika menggerkan tubuh bagian atas ke depan dan ke belakang secara perlahan. Apabila kamu merasa sesak maka pilihla kemeja lain dengan ukuran yang lebih besar.

Bagaimana Cara Menentukan Ukuran Kemeja3

Ilustrasi oleh realmanrealstyle.com

4. Bagian Lengan

Kemeja yang bagus biasanya memiliki bagian lengan yang lebih kecil pada bagian cuff jika dibandingkan dengan bagian lengan atas. Apabila lengan bagian siku terasa seperti letarik pada saat kamu membengkokan lengan maka carilah ukuran yang lebih besar. Akan tetapi, cari ukuran yang lebih kecil jika lekuk lengan kamu tidak terlihat atau terdapat sisa bahan yang terlipat turun kebawah.

Bagaimana Cara Menentukan Ukuran Kemeja4

Ilustrasi oleh realmanrealstyle.com

5, Bagian Cuff

Cuff yang pass merupakan cuff yang dapar dilewati oleh tangan tanpa harus membuka kancingnya, bahkan ketika kamumemakai jam tangan sekalipun. Apabila Cuff terlipat atau menjadi gepeng saat kamu meletakan tangan diatas meja, maka carilah ukuran yang lebih kecil.

Bagaimana Cara Menentukan Ukuran Kemeja5

Ilustrasi oleh realmanrealstyle.com

6. Perhatikan Penjang Lengan

Panjang lengan yang pass adalah yang jatuh daiantara pergelangan tangan dan pada bagian dasar jempo. Ketika mneggunkan jas,lengan kemeja harus lebih panjang sekitar 1 cm dari lengan jas. Atau pada saat memaki jam tangan, Cuff harus menutupi jam ketika tangan lurus dan tidak menutupi jam saat tangan dibengkokan. Lengan kemeja harus cukup panjang sehingga manset tidak naik ke pergelangan tangan saat Anda menggerakkan tangan. Manset juga tidak boleh naik melebihi 2,5 cm dari tangan. Anda dapat menggunakan penggaris untuk mengukur apakah lengan kemeja terlalu panjang, dan seberapa banyak yang harus dikecilkan.

eriksalah apakah ujung kemeja tidak keluar dari celana. Tekuklah tubuh ke sisi kiri dan kanan dan ke belakang. Jika ujung kemeja keluar dari celana, kondisi ini akan membuat Anda malu di masa mendatang. Selain itu, periksalah sabuk dan pastikan sabuk dipasang cukup kencang untuk bisa menahan ujung kemeja.

7. Bagian Hem Dan Tail

Pada dasarnya kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apakah kemeja yang akan kamu pakai akan dimasukan kedalam celana atau dibiarkan keluar? Jika dibiarkan keluar, maka ujug kemeja harus benar-benar menutupi ikat pinggang hingga ke bagian tengah risliting celana. Apabila seluruh bagian risliting tertutup, ambil kuran yang lebih kecil. Ketika dimasukan, kancing yang paling bawah harus tetap berada didalam celana, jika tidak maka kemeja akan mudah keluar saat kamu bergerak. sebaliknya, jika terlau panjang maka kakan mebuat terlihat seperti balon saat dimasukan. Tips lainnya yaitu, Tail hars berbeda sekitar 1-2 cm diatas permukan tempat duduk ketika kamu duduk.

Bagaimana Cara Menentukan Ukuran Kemeja6

Ilustrasi oleh realmanrealstyle.com

8. Bagian Kancing

Posisi kancing harus tepat, tanpa celah menganga yang memperlihatkan dada. Selipkan empat jari dan tepuklah dada di antara masing-masing kancing. Jika tangan bisa masuk, itu berarti jarak kancing terlalu jauh.

16266113_1425379434162142_546572826088507408_n

Itulah beberapa bagian yang harus kamu cek satu persatu sebelum memutuskan membeli kemeja, bagaimana cukup ribet kan? memang ribet tapi hal tersebut wajib kamu lakukan untuk mendpatkan kemeja yang pas yang sesuai dengan tubuh kamu. Selain itu masih ada beberpa tips lainnya untuk memilih kemeja.

Sumber:

http: //gentlemanid.blogspot.co.id/2015/03/cara-menentukan-ukuran-kemeja.html

http: //id.wikihow.com/Memilih-Kemeja-Pria