Lihat Semua Produk
Happy Shopping!

Cara Merapikan Kemeja


Cara merapikan kemeja yang baik dan benar sangat penting karena akan menunjang penampilan sesorang. Salah satu caranya menjaganya adalah dengan disetrika. Ciri khas dan kerapihan dalam berpakaian dapat mencermikan kepribadian sesorang. Seperti halnya kerapihan dalam memakai kemeja. Menjaga kerapihan kemeja sangat penting karena sangat menunjang penampilan sesorang. Kemeja merupakan salah satu jenis pakaian yang sering digunakan khusunya kaum pria. Penggunaannya yang praktis dan memberi kesan sopan biasa digunakan di acara resmi maupun semi formal. Karenanya perawatan kemeja menjadi salah satu prioritas bagi para pengurus rumah tangga.

Cara berpakaian seseorang mungkin dapat kita interprestasikan sebagai sikap kesungguhan seseorang terhadap pekerjaannya, menunjukkan konsistensi sikapnya terhadap masalah yang sedang ia hadapi. Bagi seseorang yang sudah terbiasa menjaga kerapihan kemeja tentunya merupakan kegiatan yang mudah dilakukan. Akan tetapi bagi kamu yang belum terbiasa makan akan sedikit merepotkan dalam menjaga kerapihan kemeja.

Salah satu cara untuk menjaga kerapihan kemeja yaitu dengan menyetrika. Menggosok baju atau me-nyetrika memang pekerjaan rumahan yang paling nyebelin, cuma duduk dan gosok-gosok tapi keringetannya banyak banget. Apalagi kamu yang punya banyak pekerjaan lain yang lebih penting, menyetrika selalu saja menghabiskan waktu. Tetapi hal ini harus tetap kamu lakaukan jika kamu ingin kemeja mu tetap rapih.

Selain dengan mencuci dengan bersih, kemeja pria menjadi salah satu pakaian yang wajib disetrika. Setrika yang paling baik digunakan untuk kemeja adalah kemeja uap. Namun apabila ada larangan menggunakan setrika uap maka gunakan setrika listrik biasa saja.

Membaca Label Kemeja

Hala paling utama sebelum kamu menyetrika kamu perlu membaca label pada kemeja yang kamu miliki. Lihatlah keterangan pada label mulai dari jenis atau bahan kain serta suhu yang diperbolehkan.Pada kain sintetis biasanya memrlukan suhu panas yng relatif rendah. Sedangkan untuk kain wol dan kain sutra biasanya membutuhkan suhu yang relatif sedang. Namun jika bahannya kain katun dan juga linen yang memerlukan suhu panas yang relatif tinggi.

Memilih Setrika

Untuk menjaga kemeja kesyangan kita agar tetap rapi yaitu dengan menyetrika kemeja setelah dicuci dan dijemur. Nah langkah awal adalah kita harus memilih setrika yang tepat. Pemilihan jenis setrika akan menentukan output kemejayang akan di setrika. Selalu pili setrika yangg berkualitas.

Memilih Air

Jika kamu menggunakan setrika uap, maka pilihlah jenis air suling yang dapat berasal dari air kemasan atau air yang sudah kamu proses sendiri. Air suling dapat membantu mengawetkan fungsi setrika uap kamu. Sementara itu, air kran langsung yang kamu masukkan ke laci setrika uap lama kelamaan akan menyumbat fungsi penguapan.

Memilih Alas Setrika

Memilih alas setrika juga penting dalam menyetrika kemeja. Alas yang datar dan bersih akan memudahkan kamu menyelesaikan pekerjaan. Sebisa mungkin usahakan kamu menggunakan meja setinggi pinggang agar lebih mudah melakukan penyetrikaan kemeja. Atau boleh juga di lantai yang sudah dialasi kain dan handuk bersih.

Memilih Tempat Kemeja

Untuk tetap menjaga hasil setrikaan yang bagus, kamu harus menyiapkan tempat gantungan kemeja. Gantungan pakaian (hanger) dapat kamu jadikan tempat menggantung kemeja. Kemudian kamu boleh meletakkan kemeja di lemari pakaian yang sudah ada tempat gantungannya atau membuat gagang gantungan sendiri dari kayu yang diletakkan diantara 2 benda yang ketinggiannya sama.

Perhatikan Arah setrika

Pada saat kamu ingin menyetrika pakaian, gerakan-gerakan yang harus kamu lakukan ialah ke atas dan juga ke bawah. Dan jangan menyetrika pakaian dengan gerakan melingkar maupun zigzag karena bisa membuat baju tersebut menjadi melar serta rusak.

Cara Menyetrika Kemeja Bagian Jahitan

Pada waktu menyetrika pada bagian yang jahitan atau garis pakaian taruhlah setrika di atasnya. Lalu ikutilah garisnya agar dapat menghindari jahitan menjadi terbuka.

Cara Menyetrika Lengan Kemeja

Bagian lengan kemeja merupakan bagian penting pada kemeja, Pada bagian lengan inilah yang natinya akan banyak berjabat tangan dengan orang-orang. Berikut ini langkah langkanya:

  1.  Memilih Suhu Panas Setrika
    Yang perlu kamulakukan adalah menyamakan jenis kain kemeja dengan pengaturan suhu pada setrika
  2. Balik Kemeja
    Penyetrikaan lengan kemeja dimulai dari membuka kancing kemeja dan menyetrika lengan bagian dalam.
  3. Meletakan Kemeja
    Mualai letakan kemeja kamu di papan setrika dengan permukaan yang datar. Posisikan lengan kemeja menghadap ke bawah dan berada di ujung tatkan setrika yng sempit. Mulailah menyetrika dari jahitan yang mengarah ke ketiak. Pastikan dulu bagian ini ke dan seterusnya sudah terbentuk jahitan yang rapi.
  4. Mulai Menyetrika
    Lengan kemeja mulai disetrika dari area bahu ke bawah angan sampai kamumengenai kancing kemeja. Goresan terhadap benda keras akan mengakibatkan setrika kehilangan lapisan anti lengketnya. Untuk hasil yang lebih maksimal kamu juga bisa menambahkan pewangi dan pelembut pakaian.

Itulah cara menyetrika yang baik dan benar agar kemeja tetap rapi.

Cara Menjaga Kemeja Tetap Rapi Tanpa Setrika

Namun bagaimana apabila kamu seorang anak kos-kosan dan tidak memiliki setrika sementara kemeja untuk kerja dan kuliah semuanya kusut. Atau yang tinggal sendirian dirumah dan kamu termasuk orang yang gak mau ribet dan sedikit malas tidak mau menyetrika sementara tukang loundri jauh atau tutup. Apa yang harus dilakukan? Dibawah ini kita kana memberikan Cara Menjaga Kemeja Tetap Rapi Tanpa Setrika.

Kamu bisa menggunakan beberapa cara alternatif agar kemeja tetap rapi dan tidak kusut.

1. Menggunakan Es Batu

Setelah dicuci masukanalah kemeja dan es batu kedalam mesin pengering. Mengeringkan kemeja didalam mesin pengering merupakan salah satu cara yang cukup ampuh untuk mengilangkan kusut atau kerutan pada pakaian. Tipsnya nyalakan mesin pengering pada suhu sedang selam 15 menit.

Masukanlah beberpa Es batu kedalam mesin pengering. Es batu berfungsi untuk membantu kemeja yang kusut karena akan mencair dan menjadi uap air. Setelah itu keluarkanlah dan gantungkan kemeja atau bisa langsung memakainya. Jangan disimpan kedalam keranjang karena kemeja akan kusut kembali.

2. Menyimpan Kemeja Kusut Dikamar Mandi.

Buat kamu yang dimar mandinya ada waterr heaternya bisa mencoba cara ini. Gantungkan kemeja dikamar manid kemudian nyalakan pancuran air panas yang ada dimar mandi. Setelah itu dekatkan kemeja dengan pancuran air panas dan ganggang. kemudian tutup pintu kamar mandi dengan rapat sehingga uap nya tidak keluar. Diamkan hingga 15 menit. Pastikan arah pancaran air mengarah jauh dari kemeja untuk menghindari kemeja menjadi basah.

3. Menggunakan Semprotan Anti Kusut

Semprotan anti khusut banyak dujual di toko swalayan. Kamu bsa membelinya disana. Sebelum disemprot kemeja harus dalam keadaan lembab. Semprotan ini sangat cocok untuk kemeja dengan bahan katun. Jangan gunakan semprotan ini pada kemeja dengan bahan sutra.

Gantungkan kemeja kemudian semprot. Tarik dengan lembut kain kemeja untuk menghilangkan kerutan.Setelah disemprot biarkan kemeja hingga kering. Kamu juga bisa membuat sebdiri semprotan dengan air dan sedikit cuka. Masukan kedalam botol semprotan.

4. Menggunakan Dasar Panci

Disetiap rumah atau kosan panci kecil biasanya selalu ada untuk memasak nasi atau masak mi instan. Panci ini juga bisa dijadikan alternatif untuk merapihkan kemejayang kusut sebagai pengganti setrika.  Gunakan panci yang bersih yang biasa digunakan kemudian isi air dan masak hingga mendidih kemudain buang airnya dan gunakan dasarnya sebagai setrika.

Kemudian mulailah menyetrika dengan panci yang telah panas dengan hati-hati jangan sampai kena tangan. Jangan menyetrika langsung pada kain kemeja. Pakai kain lain  sevagai alas untuk mengindari kotor atau noda pada kemja. Meski sedikit ribet tetapi cara in perlu kamu lakukan dari pada harus memakai kemeja yang kusut.

5. Menggunakan Catok Rambut

Bagi para perempuan alat yang satu ini tentunya sudah tidak asing pasti kebanyakan dari mereka memiliki lat ini. Catok rambut juga bisa digunakan untuk menyetrika kemejayang kusut. Berbeda dengan panci, Catok rambut sangat mudah untuk menggapai bagian yang sulit disetrika seperti kerah kemeja.

Sebelum dipakai pastikan untuk membersihkan catok rambut terlebih dahulu. Jika masih ada produk perawatan rambut yang tersisa di permukaannya, seperti hairspray, nodanya bisa menempel di pakaian kamu. Ketahuilah bahwa produk perawatan rambut bisa berpindah dari rambut kamu ke lapisan pemanas catok rambut setiap kali menggunakannya.

6. Menggunakan Penegring Rambut

Pengering rambut juga bisa kamu gunakan untuk merapihkan kemeja dengan syarat kemeja mu harus dalam keadaan lembab. Kamu hanya perlu sedikit membasahi kemeja mu tapi jangan direndam  dan mulai menggunakan pengering rambut dengan suhu panas yang rendah.

7. Gulung Dan Tekan Kemeja

Apabila alat-alat alternatif yang telah disebutkan diatas tidak ada yang kamu miliki maka cara ke tujuh ini bisa kamu lakukan. Langkah awal dengan menggulung dengan erat dan buat seperti bola gulung. dan simpanlah diabawah kasur atau benda berat lainnya selama satu jam. Ini kana mengurangi kusut pada kemeja.

Tips Agar Kemeja Kamu Tetap Rapi

  1. Jika kamu punya setrika, namun tidak punya waktu untuk menyetrika pakaian kamu, rapikan bagian kerahnya saja. Bagian ini terlalu dekat dengan wajah kamu untuk diabaikan. Orang-orang tentu melihat kerutannya.
  2. Saat bepergian, keluarkan pakaian untuk besok dan langsung gantung di gantungan handuk kamar mandi, sehingga kamu bisa merapikannya secara “otomatis” saat mandi di pagi hari. Selain itu, kamu juga bisa memeriksa apakah pakaian terlalu kusut sehingga harus dirapikan dengan uap panas malam itu juga.
    Gunakan lembar pengering (dryer sheet) saat mencoba merapikan pakaian dengan pengering untuk mencegah listrik statis timbul di permukaan pakaian Anda. Selain itu, aroma pakaian kamu juga akan terasa segar jika kamu memilih merek yang tepat.
  3. Jangan terlalu sering menarik pakaian Anda, karena bisa membuatnya kendur.
    Menghilangkan kerutan pakaian dengan uap air panas mungkin perlu kamu coba beberapa kali–jangan mulai mencoba dengan pakaian yang mahal, karena mungkin akan basah terkena air.

Sumber:

https: //hello-pet.com/cara-menyetrika-baju-2039458

http: //setrika.co.id/cara-menyetrika-kemeja

http: //id.wikihow.com/Menghilangkan-Kerutan-Pada-Pakaian-Tanpa-Setrika