Cara Melipat Lengan Kemeja Panjang


Supaya penampilanmu lebih menarik ketika memakai kemeja panjang, maka kamu perlu mengetahui cara melipat kemeja lengan banjang berikut ini, namun jangan salah jangan asal melipat karena bisa jadi akan membuat penampilan tidak rapi. Kamu pasti sering menggunakan kemeja lengan panjang didalam berbagai aktivitas seperti acara formal keondangan ngantor dan lailn-lain. Ada masa dimana kamu akan merasa kegerahan dan tidak nyaman saat menggunkan kemeja panjang. Salah satu cara dalammengatasi hal tersebut salah satunya adalah dengan melipat lengan kemeja.

Memang tidak aturan baku dalam cara melipat lengan kemeja panjang. Mungkin kamu pernah mengalami gulungan yang selalu lepas atau melorot ke bawah karena terlalu longgar, atau merasa tidak nyaman karena gulungan terlalu kencang. Selain itu, gulungan yang salah juga membuat kemeja Anda menjadi kusut. Jika kamu pernah mengalaminya maka kamu sedang membaca artikel yang tepat. Seberapa tinggi sih lengan kemeja yang harus dilipat? Ada dua aturan yang harus kamu ingat yaitu:

Meliipat Sedikit ? Jauh Di Atas Pergelangan Tangan
Biarkan Siku Lengan Kamu Tertutup Lengan Kemeja

Inilah beberpa trik dan cara  melipat lengan kemeja paling tepat yang bisa kamu lakukan:

1. Cara Melipat Lengan Kemeja Dengan Cara Kasual / Casual Roll

Caranya sangat mudah, kamu hanya perlu mabuka kancing pada cuff kemeja. Kemudian lakukan dua lipatan dengan ukuran sebesar cuff kemeja. Apa itu Cuff kemeja bisa dilihat disini. Bagian-Bagian Pada Kemeja.

Lepaskan kancing pada manset (ujung lengan kemeja yang kaku) dan longgarkan.
Lipat sebesar manset yang ada pada kemeja Anda.
Ikuti lipatan tersebut hingga jaraknya sesuai dengan kemauan kamu, biasanya sedikit diatas sikut.

Teknik ini cocok saat Anda merasa panas karena akan membiarkan udara masuk ke lengan. Jika terlalu banyak dilipat, lengan kemeja akan terlihat tebal dan menggembung.

2. Cara Melipat Lengan Kemeja Dengan Basic Roll

Cara ini pada dasarnya sama dengan cara pertama/casual roll, namun pada cara keduai ini dilakukan tiga kali lipatan.

3. Cara Melipat Lengan Kemeja Dengan Master Roll / The Italian

Gaya menggulung ini cukup singkat dan mudah, Master roll menampilkan manset kemeja pada akhir gulungan, jika manset berbeda warna maka gulungan ini akan terlihat lebih menarik dan bergaya. aranya dengan membuka kedua kancing lengan. Kemudian balikkan dan lipat cuff sampai sebatas siku dan lipat sisa ujung lengan menutupi cuff. Cara ini agak sulit dilakukan jika kemeja Anda benar-benar slim fit karena akan terasa terlalu sempit. Master roll cocok jika kemeja Anda memiliki cuff dan lengan dengan warna yang berbeda. Teknik ini juga gampang untuk dilepaskan tanpa membuat kemeja kusut.

4.Cara Melipat Lengan Kemeja Dengan Trooper Style / Gulungan Gaya Marinir

Cara ke empat ini pada umunya digunakan pada seragam marinir. Tapi jika kamu ingin mencobanya jiga bisa karena gaya marinir ini memperlihatkan bagian luar manset kemeja pada akhir gulungan sehingga membuat gulungan lebih rapi dan kokoh. Dengan kata lain, seperti membuat kemeja panjang menjadi terlihat seperti kemeja pendek.

Caranya, lipat lengan kemeja pria hingga pertengahan antara sikut dan pundak. Kemudian, gulung hingga 2-3 kali dan sisakan jarak untuk manset menutupi gulungan terakhir. Terakhir, lipat manset hingga menunjukkan bagian luarnya dan menutupi gulungan terakhir. Hasilnya seakan-akan kamu menggunakan kemeja pendek.

Secara ringkas semuanya dapat dilihat di gambar oleh The Art of Manliness di bawah ini.